Cara Menginstal Ulang Komputer


Assalamu alaikum Wr. Wb.
Apa kabar semua sahabat blogger ??? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat. Senangnya pada kesempatan kali ini bisa duduk tenang di depan komputer dan menulis sesuatu kepada sahabat blogger untuk di bagikan. Pada kesempatan yang sangat berharga ini, saya akan share Cara Menginstal Ulang Komputer. Mungkin sebagian dari kita sudah bisa dan terbiasa dengan menginstal ulang komputer. Nah bagaimana dengan sebagian besar sahabat yang tidak terbiasa dan bahkan masih gak ngerti dengan apa itu Instal Ulang. Semoga dengan postingan kali ini dapat membantu sahabat yang kebingungan dan ingin belajar menginstal ulang suatu komputer/laptop tentunya dengan System Operasi Windows. Saya yakin setelah sobat membaca dan menyimak penjelasan saya maka Insyaallah sobat sudah bisa melakukannya sendiri, soalnya di sini saya membahasnya dengan gambar yang sesuai dengan proses Instalasi Komputer. Baiklah sob, kita langsung aja belajarnya dan menuju ke TKP, cekidot................

1. Siapkan CD Instalasi Windows XP (di sini saya menggunakan Windows XP SP 2 sebagai bahan pembelajaran)
2. Atur BIOS Komputer sobat agar yang pertama membaca adalah  CD ROM sebagai First Boot Device tekan F10 untuk menyimpan setting BIOS.
3. Setelah itu komputer memulai proses Installasi Windows, maka akan muncul Press any key to boot from CD . . . tekan Enter

4. Setelah itu proses pengisntalan berjalan

5. Pada tahap ini sobat di perlihatkan tiga menu pilahan, yaitu : ENTER = Continue artinya pengistalan berlangsung. R = Repair artinya merepair Windows yang sudah terinstal sebelumnya. F3 = Quit artinya pengistalan dibatalkan dan keluar dari proses penginstalan

6. Lalu tekan F8 = I aggre artinya sobat setuju untuk menginstal ulang komputer sobat. Pilihan yang lain dihiraukan saja.

7. Kemudian sobat dihadapkan lagi dengan tiga menu pilihan, yaitu : ENTER = Install artinya sobat menginstal Windows di partisi harddisk tersebut. Pilihan yang lain dihiraukan saja.

8. Selanjutnya sobat pilih "Format the partition using the NTFS file system". Mungkin sebagian sobat ada yang gak sependapat dengan saya, tapi berdasarkan pengalaman saya lebih cenderung menggunakan pilihan ini dibandingakn "Format the partition using the NTFS file system (Quick)".

9. Sobat tinggal menunggu saja sampai muncul pemberitahuan dan perintah berikutnya, soalnya ini proses pengcopyan file Windows
 

10. Sampai pada tahap ini Windows sudah sebagian terinstal di komputer sobat tinggal penyempurnaannya saja. Selanjutnya sobat tinggal menunggu saja sampai muncul pemberitahuan dan perintah selanjutnya.

11. Selanjutnya muncul pemberitahuan Regional and Language Options pilih Customize. Lalu muncul kotak dialog Regional dan Language Options pilih Tab Regional Options. Pada pilihan Standars and Formats pilih pilihan Indonesian dan Location-nya juga Indonesia, soalnya kita berada di Negara Indonesia. Selanjutnya masuk ke Tab Language silakan sobat centang kedua pilihan tersebut, sebenarnya bisa salah satu dari pilhan tersebut, tapi saya terbiasa mencentang keduanya agar lebih memudahkan. Setelah itu masuk ke Tab Advance pilih Indonesian untuk Language for non-Unicode programs. Setelah selesai klik Apply dan OK untuk masuk ke pilihan selanjutnya.

12. Kemudian muncul pilihan untuk memberikan nama pada komputer dan organisasi. Silakan sobat isi sesuai dengan keinginan sobat, kemudian klik next untuk masuk ke tahap selanjutnya.

13. Kemudian Windows akan meminta serial number (key), silakan sobat masukkan serial number  sobat sesuai dengan Windows sobat. Pada Windows XP SP 3 ke atas biasanya serial numbernya sudah terintegrasi di dalamnya jadi gak membutuhkan serial number lagi. Klik next untuk menuju ke tahap selanjutnya.

14. Pada tahap ini dihiraukan saja, karena pada tahap ini  kita dimintah untuk membuat Password Administrator, klik next untuk ke tahap berikutnya.

15. Nah pada tahap ini sobat silakan sesuaikan waktu dan tanggal sesuai dengan tempat sobat berada. Di sini saya memilih lokasi Time Zone pada GMT + 08:00 Kuala Lumpur, Singapore  karena saya berada di bagian Indonesia Tengah yang sedikit sejajar dengan Kuala Lumpur dan Singapore. Setelah selesai klik next untuk ke tahap selanjutnya.

16. Pada tahapan ini sobat di hadapkan pada pilihan untuk memilih pengaturan Network Connection TCP/IP pilih Typical Setting lalu next untuk ke tahap selanjutnya.

17. Selanjutnya mucul pilahan lagi untuk memberikan nama domain Workgroup Network Connection. Silakan sobat isi sesuai dengan keingan sobat. Klik next untuk ke tahap selanjutnya dan tunggu sampai Windows selesai terinstal di komputer sobat.

18. Sampai pada tahap ini Windows hapir selesai terinstal seluruhnya tinggal beberapa pengaturan lagi.

19. Klik next untuk masuk ke tahap selanjutnya, lalu klik Skip. Pada pilihan Ready to Regiter with Microsoft pilih No, not at this time. Kemudian klik next untuk ke tahap selanjutnya lalu isikan nama sobat pada Your Name, cukup isikan yang pertama saja untuk kedua dan seterusnya biarkan saja kosong. Klik next lalu Finish.

20. Kemudian Windows akan restatr yang menandakan Windows selesai terinstal dan siap untuk digunakan tinggal mengisntal beberapa perlengkapan driver dan beberapa aplikasi program yang sobat butuhkan.

Nah.... gimana sob, cukup mudahkan untuk melakukan instal ulang ??? Semoga penjelasan saya dapat sobat mengerti, bila kurang mengerti silakan sobat pertanyakan di kotak komentar dan sampaikan masalah sobat. Insyaallah saya akan membantu sobat. Semoga bermanfaat buat sobat, salam .:: ashtho ::.

Wassalam ......................