Membasmi Virus Shortcut Tanpa AntiVirus


Assalamu alaikum Wr. Wb.
Sebelumnya mohon maaf nih sob, soalnya kemarin gak sempat update, soalnya jadwal perkuliahan lagi padat banget. Pasti sobat sekalian uda pada tahu dan gak asing lagi dengan yang namanya virus. Yaitu suatu file/program yang kerjanya membuat orang panik dan pusing karena sifatnya yang merusak itu. Terkadang banyak orang yang bangga ketika mereka dapat menciptakan virus. Tapi sebenarnya perbuatan seperti itu sangat tidak bermoral menurut saya, lebih baik kita menciptakan penangkal atau AntiVirus yang tentunya dapat bermanfaat buat orang lain.
Sebenarnya kita gak perlu takut dengan yang namanya virus, apalagi virus dalam negeri (lokal) yang secara default hampir sama dan dibuat dengan bahasa pemrograman yang sama. Kayaknya saat ini lagi booming banget yang namanya Virus Shortcut, hampir setiap hari saya menemukannya. Jujur saja, waktu pertama kali menemukan virus ini, saya pusing tujuh keliling dibuatnya. Berbagai antivirus saya coba untuk membasminya, tapi tak satupun yang bisa. Saya sempat putus asa, tapi tidak memtahkan semangat saya untuk menemukan caranya untuk membasmi virus ini. Akhirnya dengan sedikit kesabaran dan kerja keras, saya menemukan caranya, dan sama sekali tidak menggunakan antivirus. Walaupun kemarin saya sempat share AntiVirus Smadav 8.3 yang konon katanya dapat membasmi virus Shortcut ini. Olehnya itu saya berinisiatif untuk membagikan Tips ini kepada sahabat blogger sekalian. Berikut contoh file yang terinfeksi Virus Shortcut :
Semua foldernya berubah menjadi shortcut. Bagi sebagian orang yang gak paham dengan ini pasti langsung beranggapan bahwa file mereka telah hilang dan termakan oleh virus dan secara otomatis akan memformat FlashDisknya. Tapi itu bukan solusi yang tepat, sebenarnya virus Shortcut ini tidak menghapus folder tersebut, cuma menyembunyikan folder tersebut sehingga kita beranggapan folder kita hilang. Cara untuk menampilkan/memunculkan folder yang tersembunyi itu cukup mudah, berikut caranya :

1. Masuk ke Tools pada Windows Explorer sobat dan pilih Folder Options.
2. Setelah muncul Kotak dialog Folder Options masuk ke tab View. Nah pada tab View ini silakan sobat beri tanda pada Show Hidden files and folders (lingkaran merah pada gambar di atas) dan lepas centang pada Hide protected operation system files (Recommended), jawab Yes/OK jika muncul pemberitahuan. Maka folder yang tadi tersembunyi (hidden) akan muncul kembali.
3. Setelah folder tersebut muncul kembali, saatnya kita mengembalikan folder tersebut seperti semula. Maksudnya supaya gak buram lagi seperti di atas dan menjadi normal. Caranya cukup mudah dan sudah saya posting sebelumnya yaitu Cara Menyembunyikan Folder Super Hidden. Nah sekarang masuk ke Command Prompt.
4. Pada Command Prompt silakan sobat ketikkan label drive mana sobat menancapkan USB FlashDisk sobat. Contohnya saya menamcapkan USB FlashDisk saya pada drive H, maka saya ketikkan H: kemudian ENTER. Setelah itu silakan sobat ketikkan attrib -s -h -r namafolder (tanpa spasi) lalu ENTER, maka folder yang tadi terhidden akan kembali normal. Misal attrib -s -h -r KTSP dan folder KTSP yang tadinya terhidden, sekarang menjadi normal kembali.
5. Silakan sobat lakukan berulang kali untuk folder yang lain dengan cara yang sama. Dengan catatan bila ada folder yang memiliki dua kata sebaiknya di-rename menjadi satu kata, maksudnya gak boleh ada spasi diantara kata tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :
6. Yang terakhir, setelah semua folder yang terhidden tadi kembali normal, silakan hapus folder yang berbentuk Shortcut dan file lainnya yang dianggap asing.

Gimana sob, cukup mudahkan untuk menangani Virus Shortcut ini ??? Semoga bermanfaat