Norton Ghost 15 + Tutorial BackUp Komputer


Assalamu alaikum Wr. Wb.
Norton Ghost, sobat ada yang tahu gak software apaan nih??? Yupsz... Norton Ghost merupakan software utilities yang kerap kali digunakan untuk mem-backup data komputer terutama data yang berhubungan dengan System komputer (drive tempat Windows terinstal). Norton Ghost sangat bermanfaat buat sobat, apalagi buat saya yang bekerja sebagai pengelolah laboratorium komputer yang semua komputernya hampir memiliki spesifikasi yang sama. Norton Ghost sangat banyak manfaatnya, diantara untuk membuat backup komputer. Nah sebagai contoh nyata yang telah saya terapkan sendiri yaitu, jika sobat memiliki 5 komputer dengan spesifikasi yang sama persis, maka sobat tidak perlu menginstal kelima komputer tersebut, cukup menginstal satu komputer saja dan sertakan semua program/aplikasi yang sobat perlukan. Setelah itu  buat backup-nya dengan menggunakan Norton Ghost ini, dan jalankan ke masing-masing komputer tersebut, kira-kira cuma butuh waktu sekitar 20 menit, maka komputer tersebut sudah memiliki System Operasi + Aplikasi yang telah ada di komputer yang telah dibuat backup-nya tadi. Nah gimana sob software yang satu ini sangat bermanfaatkan buat kinerja kita. Ok sob, dari pada sobat tambah pusing dan gak mengerti dengan penjelasan saya, mending kita langsung praktek saja cara membuat BackUp dengan Norton Ghost. Lansung Meluncur ke TKP aja, cekidot.....


1. Jalankan program Norton Ghost-nya, kalau belum punya silakan download dulu, yang saya sertakan pada postingan kali ini.
2. Kemudian masuk ke tab Tasks dan pilih One Time Backup.

3. Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

4. Kemudian pilih Drive mana yang akan sobat Backup, misalnya System C (Drive C tempat Windows terinstal). Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

5. Selanjutnya siapkan tempat di mana sobat nanti akan menyimpan file image dari Norton Ghost ini, klik Browse dan tentukan tempatnya. Sebagai contoh saya menyimpannya di drive E: dengan nama folder BackUp (Pilih Make New Folder untuk membuat folder baru). Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

6. Nah pada Compression pilih Medium, soalnya saya sering menggunakannya, Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

7. Klik Next saja untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

8. Klik Finish untuk memulai proses BackUp.

9. Proses pembuatan BackUp (image) sedang berjalan, tunggu sampai proses selesai 100%.

10. BackUp telah selesai dibuat.

Nah, gampangkan sob caranya. Jika besok-besok komputer sobat mengalami masalah atau gangguan, sobat tinggal menjalankan BackUp-nya saja, gak perlu Instal ulang lagi dan komputer sobat kembali normal sedia kala seperti pada saat sobat membuat BackUp-nya. Bagaimana sob, tertarik ingin mencobanya ??? Silahkan langsung di-download aja dech. Semoga bermanfaat, salam .:: ashtho ::.

Wassalam . . .

Download | Norton Ghost 15