Norton Ghost Dengan Flash Disk Untuk Backup Operating System (OS)




Sering kali kita mengalami kesulitan apabila Komputer (PC) kita mendapat masalah yang tidak terduga. Operating System (OS) sebagai contoh Windows kita tiba-tiba error, missing file, atau bahkan rusak sehingga kita perlu install ulang komputer kita dengan waktu yang lama kurang lebih 1 - 1.5 jam, belum install driver-driver nya beserta program aplikasi software pendukung lainnya. Apalagi jika Windows kita Original sudah install ulang, harus aktivasi via internet, atau kalau tidak harus backup wpa.dbl sungguh terlalu lama dan menjengkelkan.
Tapi sekarang anda tidak perlu kuatir itu semua bisa diatasi, Sebelum Windows Anda rusak baiknya anda back-up dulu windows anda atau sering kita sebut dengan istilah Windows Restore. Dengan ini Anda bisa Membuat Restore Windows ini dengan sangat Cepat dan mudah, jadi tidak perlu install-install windows lagi jika dikala windows anda rusak, cukup pake FLASHDISK aja. MUDAH, PRAKTIS dan CEPAT.
Backup dengan NORTON GHOST adalah  satu cara untuk mempercepat proses perbaikan komputer kita. dengan cara membackup OS windows kita yang berada didrive C ke partisi yang lain  atau bisa juga disimpan di CD,kemudian sewaktu -waktu OSnya rusak kita bisa mengambil kembali backup OS pada saat kita Clone dengan NORTON GHOST tadi sehingga komputer kita kembali fresh. tapi NORTON GHOST bisa jalan di DOS. biasanya kita sering menggunakan disket ataupun CD untuk menjalankan NORTON GHOST di DOS. tapi itu terlalu kuno, saya sarankan menggunakan FLASHDISK yang sangat familiar itu.
Software yang diperlukan bisa didownload link dibawah:
  1. Software BootFlashDOS
  2. Software Norton Ghost
Perlengkapan :
  1. PC dengan Operating System Windows
  2. Flashdisk Minimal dengan kapasitas 64MB
Langkah pertama :
Agar FlashDisk kita bisa booting di DOS dengan memakai software bootflashdos.
Jalankan bootflasdosnya lalu pilh drive flashdisk yang akan kita jadikan bootable.
Seperti gambar dibawah :
boot flash dos
Langkah Kedua :
ekstrak file NORTON GHOST ke komputer kemudian copy semua file yang ada di folder ke flash disk yang sudah jadi bootable tadi. seperti gambar dibawah ini:
norton ghost software
Langkah ketiga :
Pilih konfirmasi NO apabila ada muncul peringatan “Confirm file replace”. seperti gambar dibawah ini :
norton ghost dos
lalu restart komputernya pilih konfigurasi BIOS pilih Boot 1st pada flashdisk.
CARA MEMERIKSA SETTING BOOT  PC  ATAU LAPTOP ANDA
  • Agar dapat booting dengan baik dengan Flashdisk USB pastikan PC Anda mendukung booting melalui Flashdisk. Masuk pada BIOS dengan menekan tombol ‘Del‘ pada keyboard atau tombol lain sesuai BIOS Anda. Kemungkinan alternatifnya adalah ‘F1‘, ‘F2‘, ‘Insert‘ dan ‘F10‘. Mungkin beberapa motherboard lain mengharuskan untuk menekan tombol lain untuk dapat masuk ke BIOS. Perhatikan pesan saat booting seperti ini ‘Press [Del] to enter Setup‘ yang mengindikasikan bahwa Anda harus menekan ‘Del’ untuk dapat masuk ke BIOS.
  • Cek BIOS Anda. Jika Anda memakai BIOS keluaran AMI, mungkin Anda perlu mengubah setting pada pilihan ‘USB Keyboard Legacy support‘.
  • Setting BIOS:
    Untuk AMI BIOS:
    - Masuk ke Feature Setup, Set ke posisi ‘Enable‘ beberapa fungsi berikut: ‘USB Function Support‘, ‘USB Function For DOS‘ dan ‘ThumbDrive for DOS‘.
    Masuk ke bagian Advanced Setup, set ‘1st Boot Device‘ ke ‘USB RMD-FDD‘. Reboot PC Anda, dan seharusnya Anda sudah bisa booting melalui Flashdisk USB.- Masuk ke bagian USB Mass Storage Device Configuration. Pilih ‘Emulation Type‘ dan set ke ‘Harddisk‘. Kemudian masuk ke ‘Boot Menu‘ dan set ‘1st boot device‘ ke ‘USB Stick‘. Exit dari BIOS untuk menyimpan perubahan.
    Jika tetap tidak bisa, Anda bisa coba pilihan ‘Emulation Type‘ ke ‘Floppy‘ atau ‘Forced FDD
Untuk Phoenix/Award BIOS:
Masuk ke ‘Advanced BIOS Features‘. Pilih ‘1st Boot device‘ dan set pada ‘USB ZIP‘.
Selamat Mencoba…