Cara Amankan File Dari Virus


Artikel ini saya tulis karena banyak permintaan via-sms pada saya dan juga banyaknya teman-teman saya yang mengeluh karena file-file teman-teman saya terkena virus.

Oleh karena itulah saya membuat postingan kali ini karena banyaknya permintaan yang tiada henti-hentinya.

Saya kembali menemukan sedikit ide yang mungkin bermanfaat bagi semua orang yang sering dihantui rasa takut akan kehilangan data-data penting gara-gara diserang virus-virus jahat yang sangat tidak bertanggung jawab. Akhir-akhir ini saya semakin banyak mendengar dan menemui kasus-kasus penyerangan virus yang dalam penyebarannya disertai menghapus ataupun merusak data dengan ekstensi-ekstensi tertentu, yang kebanyakan penyerangan ditujukan pada data-data Document (*.doc, *.xls, *.ppt, *.txt dan lnsbgygtl) terutama pada file yang berekstensi *.doc. Hal ini membuat banyak orang sangat takut hingga mereka merajinkan diri membackup data berkala secara manual, hingga menginstal software antivirus maupun software-software perlindungan lain yang kadang kurang efektif dan sangat merepotkan diri sendiri. Maka dari itulah saya menulis artikel lanjutan ini yang semoga dapat mengatasi masalah tersebut.

Inti dari Artikel ini sebenarnya sangat sederhana yaitu merename semua ekstensi file-file penting sekaligus dalam sebuah Drive dengan sekali click. Disini saya menggunakan bantuan script VBS untuk penerapannya.

*sekedar info: dulu sih biasanya saya menggunakan script ini untuk merename file-file video dari VCD yang berekstensi *.DAT menjadi *.MPG agar bisa tertampil (Thumbnail) ditampilan Explorer. Virus menyerang beberapa jenis file di dasarkan pada file exstensinya, dan dikarenakan kebanyakan virus menyerang file *.doc, maka dalam contoh dibawah ini saya akan menerapkannya pada file ini, yaitu merubah ekstensi *.doc menjadi *.MSWord. (anda juga boleh menentukan hasil rename-nya sendiri selain *.MSWord )

Silahkan download jika ingin mengantisipasi file-file sobat terhindar dari serangan virus-virus nakal.