GeekHistory: Berbagai Sistem Operasi yang Telupakan

Kamu pasti sudah tahu dengan yang namanya Windows, Linux, atau Mac OS? Semua sistem operasi itu adalah yang dapat bertahan hingga sekarang, bukan bertahan lagi. Tetapi juga sudah berkembang dengan pesat ke masyarakat. Tapi tahukah kamu selain sistem operasi diatas, masih banyak sistem operasi terkenal yang tidak dapat bertahan dipasaran dan tiba-tiba menghilang??
advertisements
 
Salah satu copntoh sistem operasi terkenal yang hilang adalah DOS. Selain itu kira-kira kamu tahu gak ya? Nah kali ini PG akan membagikan info mengenai #GeekHistory yang membicarakan tentang sistem operasi terkenal yang telah lama hilang selain DOS tentunya. Jika kamu belum tahu silakan ambil secangkir kopi dan camilan untuk membaca artikel PG kali ini.

BeOS

#GeekHistory: Sistem Operasi Yang Telupakan Selain DOS
advertisements
 
BeOS adalah sistem operasi untuk PC yang dirancang oleh Perusahaan Bee pada tahun 1991. BeOS pertama kali berjalan pada perangkat hardware Bebox. BeOS saat itu difokuskan untuk platform multimedia yang dapat bersaing dengan Windows dan Mac OS. Kemudian pasar dari BeOS mulai meningkat pesat dan diakuisisi oleh Perusahaan Pal. Namun sekarang peminat BeOS menjadi sedikit. Sebuah Open Source Haiku terinspirasi untuk menjadi BeOS yang telah lama tiada. Jadi jika kamu penasaran dengan tampilan BeOS, kamu bisa menggunakan Haiku yang dirilis pada versi Alpha 3 pada juni 2011.
Ada cerita yang sangat menarik dari BeOS ini, saat itu Mac OS dan Windows tengah berjuang untuk keluar dan juga menjadi populer. Namun BeOS telah menjadi populer dengan dirancangnya untuk keperluan multimedia, multitasking, 64 bit, BeOS benar-benar menawarkan OS yang sangat hebat. Saat itu Apple berharap Mac OS dikembangkan dengan BeOS. Setelah negoisasi terhenti, ternyata Apple menggunakan NexTSTEP dan membawa kembali Steve Jobs kembali ke perusahaan.
Bayangkan saja jika sekarang Mac OS tidak dikembangkan dengan NexTSTEP dan dikembangkan dengan menggunakan BeOS, kira-kira seperti apa tampilan dari Mac OS??

IBM OS/2

#GeekHistory: Sistem Operasi Yang Telupakan Selain DOS
OS yang satu ini dikembangan oleh Microsoft dan IBM meskipun pada akhirnya dikembangan oleh IBM saja. IBM OS/2 memiliki sejarah perkembangan yang bervariasi namun disini kita hanya akan membahas pada IBM OS/2 Warp 4. Dengan menggunakan IBM OS/2 kamu dapat menjalankan aplikasi windows dengan bantuan kernel darri Windows, seperti Wine pada Linux.
Di Inggris CD demo dari OS IBM OS/2 bisa kamu dapatkan dengan mudah. IBM berharap dengan cara ini dia dapat banyak meningkatkan jumlah pengguna, namun IBM terfokus pada perusahaan saja dan tidak terfokus pada pengguna rumahan, karena hal inilah IBM OS/2 telah tiada.

IRIX

#GeekHistory: Sistem Operasi Yang Telupakan Selain DOS
Berbasis dari UNIX perusahaan bernama Silicon Graphics berhasil menciptakan OS IRIX. IRIX diluncurkan dengan bentuk aneh dan juga warna-warni. OS yang satu ini diunggulkan atas grafis dan juga rendering 3D, yang juga telah mendominasi industri animasi dan visualisasi ilmiah.
#GeekHistory: Sistem Operasi Yang Telupakan Selain DOS
Versi besar yang terakhir dirilis untuk IRIX adalah IRIX 6.5 yang dirilis pada Mei 1998. Setelah itu IRIX 6.5 tetap diupdate dengan versi minor sampai dengan tahun 2005. Kemudian IRIX berakhir pada tahun 2006 diikuti dengan Redhat Linux, namun ada komunitas kecil yang berusaha tetap mempertahankannya dengan software open source yaitu NekoChan.

ReactOS

#GeekHistory: Sistem Operasi Yang Telupakan Selain DOS
Salah satu OS yang terkenal dan telah terlupakan adalah ReactOS, OS yang satu ini adalah oepn source. Jadi kamu bisa mengedit-edit sesuka hati sama seperti Linux. ReactOS adalah musuh utama dari Windows pada saat itu, tetapi pada usahanya gagal untuk mengkoling tampilan dari Windows 95. Pengembangan ReactOS berlanjut pada tahun 1998 untuk kembali produk Microsoft yaitu Windows 98. Selain tampilannya yang seperti Windows 98, ReactOS juga bisa menjalankan aplikasi Windows karena OS ini dikembangkan dengan bahasa C dan C++. Namun untuk dapat menjalankan aplikasi windows masih diperlukan sebuah jembatan seperti Wine pada Linux.
Karena kekurangan developer dan juga keahlian yang dibutuhkan, ReactOS menjadi terhambat dan tidak dapat berkembang. Jika kamu ingin mencoba ReactOS, kamu bisa mendownloadnya disini.

webOS

#GeekHistory: Sistem Operasi Yang Telupakan Selain DOS
webOS juga dikenal sebagai HP webOS atau Palm webOS yang dibuat dari kernel Linux. OS ini pertama kali dibuat oleh HP yang ditujukan untuk tablet TouchPad. Pada tahun 2009 inilah debut pertama dari webOS yang dipasarkan bersama HP Touchpad. Namun webOS tak bertahan lama, karena kedatangan Android OS yang open source dan memiliki banyak aplikasi gratis. Setelah webOS tidak berkembang, webOS dijadikan open source oleh perusahaan HP. Karyawan HP dan juga masyarakat umum bisa menikmati dan juga mengedit webOS sesuka hati mereka, demi kelanjutan webOS. Apakah kamu juga ingin mencobanya? Download saja webOS.

Ternyata banyak sekali bukan OS yang telah terlupakan dan tidak populer lagi? Namun dilhat dari semua OS diatas, rata-rata semuanya telah dijadikan open source. Mungkin ini dimaksutkan untuk menemukan seseorang atau tim berbekat yang bisa menjadikan OS tersebut menjadi populer kembali. Bagaimana dengan pendapat kamu tentang OS terlupakan diatas?