Cara Mudah Backup SMS ke Akun GMail

Dengan alasan tertentu, melakukan backup SMS bisa menjadi hal penting. Namun menempatkan file backup pada ponsel yang sama tentu tidaklah aman, karena saat ponsel bermasalah, bisa jadi backup yang telah dilakukan bakal terhapus atau hilang. Agar lebih aman, kamu bisa melakukan backup pada media lain, salah satunya melalui akun GMail. Untuk melakukannya, ada tiga hal yang perlu dipersiapkan, yaitu ponsel berbasis Android 2.0 ke atas, akun GMail, dan aplikasi SMS Backup+
Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Konfigurasi GMail Untuk mengatur konfigurasi ini, kamu mesti melakukannya melalui komputer. Buka browser, login ke akun GMail dan arahkan ke Settings > Forwarding and POP/IMAP. Aktifkan Enable IMAP, dan simpan dengan klik Save Changes.

  2. Konfigurasi AndroidSMS Backup+ membutuhkan pengaturan zona waktu secara otomatis agar bisa terhubung dengan GMail. Oleh karena itu ubah dahulu pengaturan pada Settings > Date & time settings. Aktifkan Automatic (Use network-provided values).

  3. Pasang SMS Backup+Pada ponsel, cari dan pasang aplikasi SMS Backup+. Jalankan SMS Backup+ dan selanjutnya hubungkan dengan akun GMail dengan menekan Connect. Dan pilih akun email yang tertera. Aplikasi akan membutuhkan ijin untuk mengakses akun GMail kamu, untuk itu tekan Allow Access.

  4. Langsung BackupAplikasi akan langsung meminta kamu untuk melakukan backup. Tekan Backup untuk memulainya. Proses akan berlangsung sesuai dengan banyaknya SMS yang ada di ponsel kamu.
  5. Periksa GMailSetelah proses backup selesai, Anda bisa langsung memeriksa akun GMail. Nantinya pada menu di bagian kiri, otomatis akan tampil folder (label) dengan nama SMS dan Call Log. Keduanya merupakan hasil backup dari ponsel yang sebelumnya kamu lakukan.
  6. Kembalikan SMSJika kamu baru saja menghapus semua SMS pada ponsel dan ingin mengembalikannya kembali, bisa menggunakan fungsi Restore. Tinggal tekan Restore dan semua SMS akan kembali seperti semula sesuai yang telah dibackup.
  7. SMS Backup +
    SMS Backup +