Ini Fungsi Nomor IMEI dan Cara Melihatnya

Setiap ponsel, baik yang mahal atau yang murah, yang bermerek terkenal ataupun merek lokal, semuanya pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda.
IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 atau 16 digit. Operator seluler menggunakannya untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka.
Nomor IMEI di Android
Untuk mengetahui nomor IMEI sebuah ponsel, caranya sangat mudah. Di smartphone Android, kamu bisa masuk ke menu Settings > About phone > Status. Cara lainnya adalah dengan mengetikkan kode *#06#.

Selain dengan cara tersebut, Nomor IMEI biasanya terdapat di bodi perangkat di balik baterai. Produsen biasanya juga mencantumkan stiker nomor IMEI pada kotak kemasan produknya.

Nomor IMEI di iPhone
Sama seperti di Android, untuk mengetahui nomor IMEI di iPhone bisa dengan mengetik *#06#, atau bisa juga dilihat di bodi bagian belakangnya, stiker kotak kemasan, dan di iTunes.

Apakah fungsi IMEI?
Kebanyakan pengguna ponsel tidak menganggap penting IMEI, apalagi untuk mencatat atau menyimpannya. Padahal, IMEI memiliki fungsi cukup penting. Yang paling terasa, IMEI berfungsi saat ponsel hilang karena jatuh, lupa tempat menyimpannya, atau dicuri.
Jika itu benar-benar terjadi, kamu bisa langsung datang ke gerai operator seluler yang kamu gunakan kemudian mberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang kita gunakan. Dengan begitu, ponsel kamu bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara.
Untuk melacak smartphone Android yang hilang, kamu bisa juga menggunakan teknologi Google. Dengan catatan, smartphone kamu pernah terhubung ke Internet, GPS kita aktif, dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif.