4 Langkah Hindari Aplikasi Sampah (Junkware) di Komputer Kamu

4 Langkah Hindari Aplikasi Sampah (Junkware) di Komputer KamuSudah tidak terhitung banyaknya pengguna komputer yang terganggu akan hadirnya aplikasi-aplikasi sampah yang tiba-tiba muncul di komputer mereka. Tren tersebut kini sudah memiliki istilah dan istilah tersebut bernama Junkware yang merujuk kepada aplikasi tidak dikehendaki yang muncul bersamaan dengan aplikasi utama.Selain akan membuat komputer kamu semakin lambat, junkware ini juga akan menguras secara perlahan HardDisk kamu dan mendatangkan berbagai macam ancaman keamanan.
Ikuti 4 tips berikut ya agar kamu dapat terhindar dari junkware tersebut:

Hati-hati

Meskipun terdengar sederhana, namun kehati-hatian merupakan hal yang paling utama dari setiap pengguna komputer. Banyak pengguna yang akibat kecerobohan mereka sendiri tidak memperhatikan apa yang mereka install dan klik sehingga kemudian menjadi masalah di kemudian hari. Salah satu penyebab datangnya junkware ialah paket instalasi sebuah program yang di dalamnya juga di-bundle dengan aplikasi-aplikasi promosi yang tidak penting. Apabila kamu ceroboh, maka aplikasi tersebut pun akan ikut terinstal.

Unchecky

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan membantu kamu dalam melawan junkware yang semakin meresahkan. Unchecky berfungsi untuk mematikan semua ceklis secara otomatis yang berada di paket instalasi sebuah program yang terdeteksi mengikutsertakan junkware di dalamnya.Untuk petunjuk penggunaan Unchecky, kamu bisa membacanya di artikel berikut

AdwCleaner

Berbeda dengan Unchecky yang melakukan langkah preventif saat kamu memulai suatu proses instalasi program, AdwCleaner lebih berfungsi sebagai pendeteksi dan penghilang dari junkwareyang telah terlebih dahulu terinstal di komputer. Sifatnya yang lebih mirip antivirus dan anti-malware membuat AdwCleaner menjadi salah satu aplikasi yang patut dimiliki setiap pengguna komputer.

Antivirus

Terakhir adalah dengan mengandalkan antivirus. Meskipun antivirus tidak dirancang untuk menangani secara langsung junkware maupun adware, namun seiring waktu fitur heuristic yang dimiliki mereka semakin baik dan program-program yang bersifat mengancam tentu akan dengan mudah terjaring menggunakan real-time protection. Namun masalahnya adalah tidak semua junkware yang bersifat mengancam keamanan komputer, jadi tidak semuanya pula yang akan tertangkap oleh antivirus.