Cara Memperkebal FlashDisk dari Virus dengan Imunisasi Gratis

Cara Memperkebal FlashDisk dari Virus dengan Imunisasi GratisKalau mendengar kata imunisasi, kamu pasti akan berpikir tentang anak-anak kecil yang disuntik atau diberikan cairan untuk agar kebal dari penyakit. Memang benar, fungsi dari imunisasi adalah memperkebal daya tahan tubuh dari pengaruh bakteri dan virus sehingga tidak mudah terjangkit penyakit-penyakit berbahaya. Lantas bagaimana dengan virus komputer seperti yang selama ini kita kenal? Apakah bisa diatasi dengan imunisasi? Jawabannya adalah YA! Inilah cara memperkebalFlashDisk dari virus dengan imunisasi gratis.
Sama seperti proses imunisasi pada manusia, terdapat pula sebuah software yang mampu memperkebal perangkat FlashDisk kamu dari serangan virus. Biasanya, virus pada FlashDisk hinggap dan menginfeksi file autorun.inf di dalamnya. File autorun.inf sebenarnya adalah sebuahscript untuk menjalankan berbagai program secara otomatis ketika FlashDisk dicolokkan ke komputer. Misalnya memutar lagu dengan media player, atau menginstal software tertentu.
Software yang akan kita pakai kali ini bernama USB Immunizer dari BitDefender. Cara kerjanya adalah melindungi file autorun.inf di dalam FlashDisk kamu agar lebih aman dan tidak rentan diutak-atik oleh virus. Nih Jaka kasih tahu cara penggunaannya:

Cara Memperkebal FlashDisk dari Virus dengan Imunisasi Gratis

  • Download Bitdefender USB Immunizer di sini. Kecil dan ringan banget kok software-nya.
  • Kalau sudah selesai di-download, langsung buka aja programnya. USB Immunizer ini tidak membutuhkan proses instalasi. Jadi kayak software portabel gitu.
open
  • Setelah terbuka, tampilannya seperti ini. Sekarang colokin FlashDisk kamu lewat port USB di komputer atau laptop.
opened
  • Nama USB FlashDisk kamu akan muncul dan terdeteksi. Karena masih belum diimunisasi, logonya masih merah. Kamu klik aja di lambang colokan USB-nya.
inserted
  • Tunggu sebentar selama proses imunisasinya berjalan.
loading
  • Setelah selesai proses imunisasinya, logo USB akan berwarna hijau. Tandanya, USB FlashDisk kamu sudah lebih kebal dari serangan virus.
done
  • Kamu juga bisa melakukan pengaturan agar USB Immunizer berjalan secara otomatis ketika perangkat USB dicolokkan di komputer atau laptop tersebut. Caranya, klik ikon gerigi di atas, lalu klik ikon switch di sebelah kanan menjadi ON.
auto-imun
Nah, itulah cara melakukan imunisasi pada FlashDisk kamu. Cara ini mampu membuat FlashDisk kamu lebih kebal dari serangan virus yang biasanya menginfeksi Autorun. Namun, virus akan terus berkembang dan semakin canggih. Jadi kamu harus tetap waspada dengan menginstal antivirus terpercaya. Serta hindari kebiasaan buruk seperti asal colok FlashDisk di sembarang tempat. Selamat mencoba tips Jaka. Kalau kamu punya pendapat atau cara lain, kasih tahu Jaka lewat kolom comment di bawah ini, ya!